Wednesday 24 August 2016

Mencari Penghasilan Tambahan Dengan Keahlian Multimedia Bagi Pemula

MENJADIKAN HOBBI SEBAGAI PENGHASILAN UNTUK TAMBAHAN UANG SAKU DENGAN MODAL SKILL 

Salam Sahabat Kreatif.
Multimedia terbagi menjadi dua kata yaitu 'Multi' yang berarti banyak dan 'Media' yang berarti Tempat. Multimedia digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan sarana Informasi. Elemen - elemen multimedia bisa meliputi gambar, teks, video dan lain sebagainya.

Untuk kali saya akan membagi sedikit ilmu bagaimana bisa menciptakan uang saku dengan Multimedia. Terlebih untuk kawan - kawan yang masih dalam kuliah yang berada diperantuan yang membutuhkan tambahan uang saku.

Ada beberapa tahapan yang kawan - kawan harus miliki, kawan - kawan tak harus memiliki modal banyak. atau bisa tak butuh modal sama sekali. yang penting kawan - kawan yakin untuk melakukannya dan mau berusaha keras untuk mempublikasikan apa yang kawan - kawan usahakan ini. 
  1. Skill
    Ini tahapan penting dalam memulai usaha ini, setidaknya kawan - kawan harus punya skill dasar atau basic dalam bidang multimedia, belum pernah mencoba ? itu bukan alasan, selagi ada waktu kita masih bisa belajar. Kawan - kawan bisa belajar Photoshop, CorelDraw, AdobeFlash Player dan applikasi Multimedia Lainnya. Saya tekankan disini Multimedia hal yang paling dibutuhkan dibidang usaha manapun. Karena setiap yang ingin membangun usaha baru, mereka pasti butuh media Pengiklanan atau Publikasi terhadap usaha yang mereka lakukan.
  2. Link
    Link / koneksi juga termasuk hal penting, karena orang tau anda memiliki kemampuang dalam bidang Multimedia. Dan saya sarankan juga kawan - kawan harus memiliki link juga ketempat percetakan atau tempat Advertising yang cukup besar dikota kawan - kawan dimana nanti kawan - kawan bisa jadi Reseller bagi usaha mereka. 
  3. Jangan Ragu
    Kebanyakan dari orang yang punya kemampuan, atau mereka yang hanya punya kemampuan pas - pas an, selalu ragu ketika seseorang memiminta mereka untuk membuatkan sebuah media informasi atau pengiklanan, dengan alasan baru pandai, sebenarnya bukan baru pandai hanya saja kita ragu takut tidak memberi kan hasil yang memuaskan. Jangan itu dijadikan masalah, selagi mereka mengatakan "wuihhh... hebat banget kamu desainnya, bisa nanti bantu saya, tenang nanti desainnya saya bayar (on point)" katakan saja bisa. Karena kesempatan jarang datang dua kali.
  4. Jadikan Hobby
    Saya pernah kutipan dari seorang tokoh, Walikota Bandung, Bpk Ridwan Kamil "pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobby yang dibayar" yap.... Jadikan multimedia ini sebagai hobby kawan - kawan.

    Untuk tulisan selanjutnya saya akan menulis tentang tutor skill dasar menciptakan penghasilan sendiri dengan Photoshop. Salam Sahabat Kreatif

No comments:

Post a Comment