Friday 26 August 2016

Membuat LineArt Sederhana dengan Photoshop Untuk Hadiah Ulang Tahun, Hadiah Wisuda atau Pernikahan

LineArt - Graduation Gift



Salam sahabat Kreatif | 
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang tutorial membuat LineArt sederhana dengan menggunakan Photoshop. Caranya cukup simple hanya mengubah gambar asli ke Treshould dengan menggunakan Tools photoshop.

Untuk Price nya kawan - kawan bisa menjual LineArt ini dari harga Rp 85.000 - Rp 150.000, tergantung nego atau tawaran kawan - kawan terhadap si pemesan . Modal yang kawan - kawan keluarkan tidak cukup banyak untuk membuat LineArt Sederhana ini.

HARGA JUAL :
Rp 85.000 -  Rp 150.000

Modal
- Laptop , Include dengan aplikasi photoshop yang sudah di Install (saya yakin kawan - kawan sudah punya laptop sendiri)
- Kertas Semen (Rp. 2000)
- Frame Foto (Rp. 15.000)
- Print (Rp. 1000/warna) | Jika kawan - kawan sudah punya printer sendiri itu lebih menggembirakan


TUTOR MEMBUAT LINEART SEDERHANA
 
1. Untuk tahap awal ini siapkan foto yang akan di rubah menjadi LineArt, usahakan bagi si pemesan menyediakan foto dengan kualitas tinggi. Lalu Buka aplikasi Photoshop yang sudah kawan - kawan Install di laptop atau komputer kawan - kawan masing.
2. Duplicate kan layer Foto, untuk ruang Lingkupnya kita bekerja di layer yang sudah di copy kan saja, untuk shortkey nya kawan - kawan bisa langsun meneka CTRL + J pada keyboard


3. Lalu seleksi background pada foto, disini kawan - kawan bisa menggunakan Pentool yang tersedia pada property sebelah kiri atau kawan bisa langsung menggunakan shortkey (P) saja. Selain menggunakan Pentool kawan - kawan bisa menggunakan Magigwand Tool atau cukup tekan (W) saja pada keyboard. Setelah background diseleksi kawan - kawan tekan delete untuk menghapus background foto.


4. Setelah itu pada menu Image pilih option Adjustments lalu sub optionnya pilih menu Threshold, untuk nilai treshold sendiri silahkan kawan atur sesuai dengan kejelasan foto masing - masing.


5. Berikut hasil berikut yang sudah di Treshold pada foto 


6. Step selanjutnya kawan - kawan hapus bagian layer yang masih ada dengan menggunakan Magigwand Tool (W) - Fungsi Magigwand tools sendiri untuk men seleksi layer yang memiliki warna yang sama, setelah semua diseleksi lalu tekan delete untuk menghapus yang sudah di seleksi.



7. Lalu pada tab Layer, klik kanan layer yang sudah di copy tadi, lalu pilih menu Blending option pada menu bagian paling atas



8. Lalu pilih menu color overlay untuk merubah layer foto menjadi warna yang di inginkan, untuk tahapan ini karena menyesuaikan kertas yang akan digunakan saya memilih warna coklat. lalu OK
 

9. Setelah warna layer dirubah, kita harus mentransform atau menyesuaikan layer foto sesuai dengan yang kita inginkan, sebenarnya tahapan ini tak begitu penting, itu tergantung kreatifitas kawan - kawan saja. untuk transform tekan saja CTRL + T

10. Selanjutnya tambahkan Shape, disini saya menggunakam Rectangle Tools, itu tahapan ini tergantung kreatifitas kawan - kawan saja, tergantung gaya shape apa yang kawan - kawan inginkan, usahakan simenarik mungkin bagi si pemesan nantinya. Karena yang terpenting dalam usaha adalah kesan pertama :) 


11. Selanjutnya tambahkan teks, dengan menekan T atau dapat dipili di menu tools sebelah kiri, usahakan teks sesuai dengan keinganan sipemesanan, dan pilih teks yang menarik tapi tidak terlalu berlebihan karena yang minimalis mempunyai nilai tersendiri.


HASIL :
Berikut hasil foto yang sudah dirubah menjadi LineArt sederhana :

 Untuk tahapan selanjutnya tinggal kawan - kawan print out dan kasih frame foto. Jangan lupa bungkus rapi pesanannya agar terkesan lebih mempunyai nilai.
Yap... uang saku tambahan sudah ditangan kawan - kawan | tidak butuh banyak modal bukan :)
 
 


 

1 comment: